Belajar Tajwid dan Mengetahui Keindahan Pelafalan Al-Qur’an

on Monday, July 30, 2012

Al-Qur’an bukan hanya sebuah kitab, tetapi ia memegang semua nilai-nilai inti Islam, budaya Muslim, dan agama umat Islam. Namun, tanpa pembacaan yang tepat, tidak ada yang dapat memperoleh kebahagiaan sempurna dari membaca Al-Qur’an, dan oleh karena itu, merupakan suatu keharusan bagi semua umat Islam untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan benar. Dan langkah pertama dari membaca Al-Qur’an adalah dengan belajar Tajwid.

Membaca Al-Qur’an adalah suatu kewajiban yang menakjubkan bahwa siapa pun yang membacanya akan sepenuhnya terilhami oleh makna dan kata-kata indah dari Al-Qur’an. Bahkan jika seseorang tidak mengetahui bahasanya, membaca kitab suci Al-Qur’an akan tampak menarik untuknya. Siapapun yang mendengarkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dapat menangkap nada ajaib dan kesucian dari Al-Qur’an bahkan tanpa sedikitpun pengetahuan tentang bahasa Arab. Hanya dengan mendengarkan bacaannya saja, jiwa mulai bergetar akan pemikiran tentang kehebatan Allah SWT Yang Maha Kuasa.

Al-Qur’an bukan merupakan kitab yang sama sekali baru yang dikirimkan kepada kita umat manusia oleh Allah SWT. Kitab ini merupakan versi otentik dari semua kitab suci yang pernah diturunkan sebelumnya oleh Sang Pencipta kepada manusia. Dalam hal ini, kitab suci Al-Qur’an nyatanya ditujukan untuk setiap manusia, termasuk orang-orang yang berasal dari agama dan ras manapun. Oleh karena itu Al-Qur’an adalah kitab untuk melayani umat manusia dari segala bangsa secara keseluruhan. Kitab ini ialah cara sederhana yang menunjukkan rahmat Allah SWT kepada kita, untuk semua manusia di bumi. Kitab suci ini adalah pembawa pesan lengkap untuk manusia dari Sang Pencipta dan juga untuk seluruh dunia, sama seperti matahari sebagai sumber cahaya dan energi untuk seluruh alam semesta.

Agar dapat membaca dan melafalkan Al-Qur’an dengan benar, seseorang harus mempelajari Tajwid yang mana merupakan panduan tepat untuk membaca kitab suci ini. Manfaat dari membaca Al-Qur’an itu tidaklah terbatas. Untuk setiap huruf tunggal, sekiranya kita mendapatkan 10 kebaikan. Ada banyak manfaat lainnya juga, yaitu:

  • Ini adalah inti kewajiban kita sebagai Muslim untuk membaca lagi kitab suci Al-Qur’an sebagai kitab yang mendekatkan kita kepada Allah SWT Yang Maha Kuasa.
  • Pada Hari Kiamat, Al-Qur’an akan berlaku sebagai bukti terhadap diri kita dan akan dapat melindungi kita dari siksa api neraka.
  • Kitab suci Al-Qur’an tidak boleh diabaikan atau ditarik mundur dalam setiap situasi.
  • Dengan membaca Al-Qur’an, akan tercapai keadaan yang lebih baik dalam kehidupan duniawi Anda.
  • Dengan mempelajari dan mengajar Al-Qur’an, Anda akan dapat memperoleh rasa hormat di antara orang-orang.
  • Malaikat Saleh akan menemani ketika Anda membaca Al-Qur’an dan juga setelahnya untuk membuat Anda terjaga dari godaan setan.
  • Dengan membaca Al-Qur’an, Anda akan menemukan kenyamanan spiritual dan hal itu juga akan memberikan dampak positif untuk kesehatan Anda.

Kita jelas benar-benar beruntung memiliki sebuah kitab indah yang diturunkan kepada kita untuk membimbing kita menuju jalan pencerahan dan kebebasan.

You can also read this article in English Here

0 comments: